Wednesday, April 20, 2011

Peran Wanita Tidak Dapat Dianggap Remeh

Seorang wanita telah dilengkapi oleh Tuhan dengan keindahan jiwa dan raga adalah sebuah kebenaran, yang sekaligus nyata dan maya, yang hanya bisa kita pahami dengan cinta kasih, dan hanya bisa kita sentuh dengan kebajikan (Kahlil Gibran, Sayap-sayap Patah).
Potongan tulisan Kahlil Gibran di atas menunjukkan, wanita merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang mempunyai daya tarik memikat serta penuh dengan misteri bagi lawan jenisnya. Keindahan tubuh dan rohaninya merupakan bagian yang mampu menarik hati dan menggoda iman kaum lelaki. Dari hal itu dapat dikatakan bahwa tidak heran jika kaum lelaki akan rela mengorbankan apa saja agar mampu menikmati dan memiliki keindahan tubuh seorang wanita.
Namun apakah keberadaan wanita hanya diakui oleh hal – hal yang diberikan secara gratis oleh Tuhan ?. Tentu saja tidak. Memang pada kenyataannya, pada zaman dahulu wanita dianggap tidak sederajat dengan laki – laki. Hal ini dikarenakan wanita dianggap lemah, tidak seperti laki – laki yang dikatakan kuat, tegas, berwibawa dan selalu dikatakan dapat menjadi pemimpin yang baik.
Jika melihat kebelakang, memang sangat jarang ada kesempatan bagi para perempuan atau wanita untuk menjadi pemimpin. Hal ini dikarenakan masih kuatnya anggapan di masyarakat yang berpikir bahwa wanita adalah suatu sosok yang bekerja di rumah untuk menjaga dan memelihara anak – anak. Bahkan di zaman sekarang saja yang dapat dikatakan sudah sangat canggih teknologinya, masih saja ada kalangan yang meremehkan kemampuan wanita.
Sangat sulit untuk menyatakan wanita sama dengan laki-laki, baik dengan mengatas namakan potensi ilmiah maupun potensi lain yang dapat mengidentifikasi kelebihan dari salah satu keduanya. Adanya perbedaan dari dua jenis manusia itu harus diakui, suka ataupun tidak. Atas dasar perbedaan itulah, maka lahir perbedaan dalam tuntutan dan ketetapan hukum, masing-masing disesuaikan dengan kodrat, jati diri, fungsi serta peranan yang diharapkan darinya baik laki-laki maupun wanita.
Namun ada satu hal yang harus diingat mengenai wanita. wanita memiliki peran yang sangat penting walaupun tak terlihat keberadaannya secara langsung dalam memajukan bangsa ini. Kalaupun wanita mengerjakan tugas utamanya sebagai ibu dan pengatur rumah tangga, bukan berarti mereka berada di posisi paling rendah. Justru sebaliknya posisi wanita merupakan posisi yang menentukan masa depan bangsa ini.
 Bila diibarat kesebelasan, posisi penjaga gawang bukanlah posisi rendah. Namun justru posisi ini yang menentukan kemenangan tim kesebelasan. Jika wanita tidak melahirkan dan mengasuh anak, lalu siapa yang melahirkan para pejuang, para ulama, para insinyur, para ahli pengetahuan, bahkan, para pemimpin negara di dunia.
Peran wanita memang tidak terlalu jelas untuk dapat dilihat seperti peran laki – laki, namun peran yang tidak terlihat itu justru sangat penting dalam memajukan dunia ini. Dari sini seharusnya wanita mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Pemerintah seharusnya memberikan peluang yang sama besarnya dengan laki – laki  untuk dapat ikut berpartisipasi dalam pemerintahan. Namun masih saja ada pemerintah yang kolot sehingga hanya memberikan peluang yang sangat kecil bagi wanita untuk dapat berpartisipasi dalam pemerintahan.
 Bahkan bukan hanya di pemerintahan, peluang yang diberikan kepada wanita untuk mendapat pekerjaan pun sangat kecil. Kebanyakkan tenaga kerja yang diperlukan berjenis kelamin laki – laki. Hal ini menutup peluang bagi wanita untuk membuktikan kemampuannya dalam bekerja. Dari sini muncul pertanyaan apakah hanya ini yang dapat wanita terima atas segala sesuatu yang telah mereka lakukan untuk bangsa ini ?.
Memang tak ada yang dapat disalahkan dalam hal ini. Pemahaman yang sudah salah dari zaman dulu lah yang membuat adanya kesalahpahaman dalam pengertian peran antara laki – laki dan wanita. Namun ada hal yang harus disyukuri oleh wanita pada zaman ini yaitu  bahwa peran wanita di dunia ini mulai diakui oleh dunia. Yah walaupun hanya sedikit wanita saja yang merasakan ha tersebut, namun mungkin saja pada suatu saat nanti peran wanita untuk dunia ini akan menjadi sangat jelas seperti halnya peran laki – laki. Mungkin saja nanti ada pilot berjenis kelamin wanita, atau mungkin presiden dari setiap negara adalah wanita. Tak ada seorang pun yang tau akan masa depan yang penuh misteri, bukan ?. 

No comments:

Post a Comment